[OOT] Doc MS Word












Microsoft Word
Microsoft Word merupakan program aplikasi dari microsoft office yang biasa sering di gunakan untuk pengelolahan teks, pengelolahan dokumen, laporan dan lain sebagainya. sekarang hampir semua lapisan masyarakat menggunakan komputer terutama microsoft office word untuk aktifitasnya, seperti halnya siswa, guru, pekerja, pengusaha, dan hampir semuanya menggunakan office word untuk menunjang aktifitasnya.
Cara membuka software MS word ( 5 cara )
1.     Melalui desktop
2.    Klik start, all program, pilih folder microsoft office, pilih MS word
3.    Melalui search
4.    Melalu run, klik start, pilih run, browse, trus pilih disk C, pilih program file, pilih Microsoft Office, pilih MS Word, klik MS word
5.    Melalui windows explorer pilih disk C, pilih program file, pilih Microsoft Office, pilih MS Word, klik MS word
fungsi dan kegunaan microsoft word itu sendiri bervariasi /bermacam-macam tergantung dari si user /pemakainya. Fungsi utama dari microsoft word adalah membantu kita dalam mengolah kata jadi seperti pengertian di atas Ms word memang di khususkan untuk pengolahan kata. ms word berperan sebagai alat bantu user /pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan terkait kata/teks/dokument/surat-menyurat dan lainya. 
Menu bar dalam MS word
-      Home
-      Insert
-      Page Layout
-      References
-      Mailings
-      Review
-      View
-      Developer
Fungsi Beberapa menu pada ms word
1.Menu File, Sub Menu File
·         New : Membuka dockument baru yang masih kosong
·         Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
·         Close : Mrenutup dokumen
·         Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
·         Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
·         Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
·         Seacrh : Mencari teks tertentu dari suatu file
·         Versions : Untuk mengetahui versi Ms. Word
·         Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
·         Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
·         Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
·         Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
·         Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
·         Propertise : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
·         Exit : menutup program Ms. word

2.Menu Home, Sub Menu Home
·         Bold : Digunakan Untuk Mempertebal Tulisan
·         Italic : Digunakan untuk memiringkan tulisan
·         Underline : Digunaka untuk menmberi garis bawa pada tulisan
·         Stiket Hrought : Membericorean pada tulisan
·         Subscript : Memperkecil font tulisan
·         Superscript : memperbesar tulisan
·         Font : Untuk memberi model pada tulisan
·         Font Size : Memberikan ukuran pada tulisan
·         Texs Hightlight : Memberikan warna pada blok
·         Font color : memberikan warna pada tulisan
·         Grow font : untuk menambah ukuran tulusan
·         Shrink font : untuk mengurangi ukuran pada tulisan
·         Botom Border : untuk memberikan Tabel
·         Aligh Texs Lift : untuk menulis rata kiri
·         Center untuk menulis rata tengah
·         Aligh Texs Figt: untuk menulis rata kanan
·         Justify : untuk menulus rata kanan dan kiri
·         Line Spacing : digunakan untuk memberikan ukuran spacing (space)
·         Decrease indent : muntuk menggesr tulisan ke kiri
·         Increap indent : untuk menggesr tulisan ke kanan

4. Menu Insert, Sub Menu Insert
·         Break : Menentukan jenis perpindahan halaman
·         Page Numbers : Memberi nomor halaman
·         Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
·         Autotext : Menyisipkan kata
·         Field : Menyisipkan field
·         Symbol : Menyisipkan symbol ke dalam teks
·         Comment : Menyisipkan komentar
·         Reference : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
·         Web Component : Menyisipkan komponen dari web
·         Picture : Menyisipkan gambar
·         Diagram : Menyisipkan diagram
·         Text Box : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam    
·         File : Menampilkan toollbar markup
·         Object : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
·         Bookmark : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam
·         Hyperlink : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)

3.Page layout
·         Margins : Memberikan ukuran untuk menulus bagian kanan , kiri ,atas , bawah
·         Water mark : Untuk memberikan bayangan tulusan pada belakang tulisan
·         Page color : untuk memberikan Warna pada page (kertas)
·         Pege Border : Figunakan untuk memberi border
·         Pege size Digunakan untuk memberi ukuran pada kertas
·         Orientation : digunakan untuk mengubah bentuk kertas , horisontal atau fertikal
·         Coluns : Mengunbah model Paragrafnya menjadi seperti Pada majalah
·         Themes : Untuk memberikan tema pada microsoft word
·         Line number : Untuk Memberikan nomor pada sisi kertas
·         Bring To font : Untuk memberikan obyek terpilih di depan Semua Obyek Di gamba
4.Reference
·         Tabel of contens : Di gunakan untuk mengolah daftar isi
·         Insert fortnot : digunakan untuk menyisipkan catan kaki
·         Insert citation : Digunakan untu memberikan sisipan langsung di tepat cursor yang aktif
·         Index : Mengelola daftar data yang ada di buku
5.Mailings
·         Envelopes : Membuat dan mencetak kop surat tanggal
·         labels : membuat dan mencetak label tuggal
·         Start Mail Marge : mmbuat dan mencetakdokumen berbentuk surat proposal
·         Select repecient : menentukan dokumen yang di gunakan
·         Edit Refint List : mengkoneksi dokumen ke sunber data
·         high ligh merge field : menambah place hokdes
·         Addres blok : menyetarakan benruk penulisan alamat kop surat proposal
·         Griting line : membuatpebuka surat yang berbentuksama dengan semua surat
·         insert merge field : membuat label surat beriikan nama an alamat ustomer
·         Mact field : mencocokan sumberdat dengan kop surat
·         Update label : Memperbaharui label
·         Preview Result : Khusus digunakan untuk menaangani kesalahan atau eror
·         find repient : Meneemukan penerimaan
·         auto chek for error : kusus di funakan untuk menangani kesalahan
·         finis & merge : Akhir dan pembangunan  
6.Review
·         spiling andgrammar : mengkreki ejaan
·         Resecerh : membuka panel penelitian refrecing
·         Thesaurus : saran kata yang sepadan
·         Translate : menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa inggri atau sebaliknya
·         Trenslation screen tip : memungkinkan suatu Screen tip menerjemehan ke bahasa yang lan
·         Set languuage : mengatur bahasa dengam mengecekdulu ejaan dan tata bahasa yang terpilih
·         Wourd count : menemukan banyak banyak kata , paragraf ,dan kalimat di dalam dokument 
7.View
·         Normal : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
·         Web layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
·         Print layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
·         Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
·         Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
·         Toolbars : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
·         Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
·         Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
·         Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
·         Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
·         Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
·         Footnotes : Melihat catatan hasil footnote
·         Mark up : Menampilkan toollbar markup
·         Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
·         Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
Dalam MS word, ada yang namanya macros, yang digunakan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan
Macros tersebut ada pada menu bar “View”
Cara membuat macros
-      Jalankan program MS word
-      Buka Macros, pilih Record Macro
-      Beri nama
-      Pilih all document
-      Klik OK
-      Dan lakukan pekerjaan anda, setiap yang anda lakukan dalam MS word, semuanya akan terekam
-      Jika sudah, klik stop record pada icon macros
Untuk menjalankan macros
-      Klik macros
-      Pilih nama yang di simpan tadi
-      Klik run
-      Selesai

0 komentar:

Posting Komentar

 
Andro Newbie © 2012 | Designed by Rocking Templates, helped by Chica Blogger